Program Studi Teknik Informatika

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Profil

Cakupan bidang ilmu (body of knowledge) yang diajarkan di Program Studi Teknik Informatika meliputi ilmu pada area computer science dan software engineering sehingga mahasiswa memiliki kemampuan analisis persoalan yang terkait bidang computer science dan software engineering; dan juga kemampuan untuk mengembangkan solusi perangkat lunak (software) baik yang kompleks  maupun dalam skala besar (large scale software).

Bidang Informatika merupakan bidang keilmuan yang kemajuannya sangat pesat. Kemampuan pemrosesan komputasi berpindah ke berbagai perangkat khusus, seperti handphone dan berbagai sensor yang terdapat pada benda yang digunakan sehari-hari, seperti meja, bolpen, toilet, setrika dan lain-lain, yang saling terhubung (Internet of Things). Interaksi manusia dengan komputer juga berkembang ke arah berbagai model yang lebih alami, seperti sentuhan, suara, virtual reality, bau, mimik muka dan lainnya. Pengelolaan data berkembang dalam skala yang jauh lebih besar, sejalan dengan perkembangan kemampuan pemrosesan dan penyimpanan data, serta produksi data yang terjadi. Hal ini memunculkan berbagai tantangan pada semua level di bidang Informatika.

Penguasaan teori dasar di bidang Informatika menjadi semakin penting, mengingat berbagai algoritma yang selama ini relevan sebagai kajian, mulai terlihat manfaat aplikatifnya dengan berkembangnya kemampuan komputasi dan kebutuhan pengolahan data yang besar dan beragam. Kemampuan pemrograman yang mampu memanfaatkan parallel dan heterogeneous processor menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh software developer. Kebutuhan akan pengolahan data yang besar serta kemampuan komputasi skala besar juga menimbulkan kebutuhan pemahaman komputasi hemat energi (green computing). Pemahaman yang kuat tentang sistem cerdas menjadi semakin penting, karena semakin banyaknya benda sehari-hari yang memiliki kemampuan komputasi  dan dapat beradaptasi sesuai kebutuhan penggunanya (anticipatoryassistive computing).

Selain itu, penggunaan sistem berbantuan komputer di berbagai bidang kehidupan akan lebih banyak lagi mengingat hubungan antar manusia yang sudah semakin tidak mempersoalkan lokasi geografis lagi dan juga persaingan antar industri yang semakin ketat serta membutuhkan keefisienan pengelolaan. Integrasi antara bidang informatika dengan bidang lain akan menjadi bertambah banyak baik dari segi sistem informasi, rekayasa perangkat lunak maupun teknik inteligensia buatan seperti misalnya bioinformatika, sosial. Dalam tataran nasional, tantangan yang ada tidak berbeda jauh dengan tataran global, mengingat negara Indonesia memiliki wilayah dan penduduk yang cukup besar dan sistem berbasis komputer tidak lagi mempersoalkan lokasi geografis.

Program Studi Teknik Informatika (PS IF) ITERA secara resmi berdiri tahun 2015 (sesuai SK Nomor 64/M/Kp/III/2015 yang ditandatangani oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia). Di tahun 2017, berbagai jalur masuk yang tersedia untuk PS IF ITERA antara lain SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)