Program Studi Informatika

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Kerja Praktik

A. Definisi Umum
Matakuliah ini bertujuan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktik kerja di sebuah instansi teknologi maupun non-teknologi (dalam bidang/divisi/departemen IT) dan mengalami langsung suasana kerja dengan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan.

B. Prasyarat
Mahasiswa yang mengajukan pendaftaran pelaksanaan kerja praktik harus memenuhi persyaratan utama sebagai berikut :
• Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ITERA pada Semester 5 (telah mengambil 70 sks);
• Akan mengambil mata-kuliah Kerja Praktik dalam KRS pada Semester 6.

C. Pembimbing KP
Pembimbing KP mahasiswa ditentukan  oleh Koordinator KP melalui diskusi dengan Para Dosen Teknik Informatika. Mahasiswa yang melaksanakan KP dipersilahkan memberi masukan kepada Koordinator KP apabila memiliki pilihan Pembimbing KP-nya sendiri.

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan KP
Waktu pelaksanaan KP disarankan pada jeda libur semester genap ke semester ganjil. Pelaksanaan KP diluar dari jadwal yang disarankan kemungkinan akan mengalami permasalahan dalam presensi kuliah  jika beriringan dengan jadwal kuliah. Pelaksanaan KP memiliki durasi sekurang-kurangnya 25 hari kerja tatap muka dan dibuktikan dengan pengesahan Form KP-2 oleh pimpinan yang berwenang di instansi kerja. Kerja Praktik dilaksanakan di tempat dimana mahasiswa merasakan pengalaman bekerja dan situasi lingkungan kerja nyata. Oleh karena itu KP tidak diperkenankan dilaksanakan dalam lingkungan kerja jarak jauh (remote access). KP juga mengusung aspek integritas dan profesionalisme sehingga instansi tempat pelaksanaan KP harus layak untuk menjadi tempat bekerja bagi mahasiswa sesuai dengan bidang dan keahlian yang dimiliki. Koordinator dan Dosen Pembimbing KP berhak menolak pengajuan KP apabila dirasa tidak sesuai dalam aspek waktu dan tempat pelaksanaan.

E. Pendaftaran KP
Pendaftaran KP dapat dilakukan sepanjang Semester 5 berlangsung dengan mengisi Form KP-1 lalu mencetaknya (disarankan tidak menggunakan tulisan tangan) dan diserahkan kepada Bagian Administrasi program studi.

F. Proses Pelaksanaan KP
Dalam proses pelaksanaan KP, mahasiswa harus mengikuti beberapa pedoman sebagai berikut :
• Menaati segala peraturan dan ketentuan yang ada pada instansi kerja;
• Menjaga etika dan wibawa sebagai pekerja;
• Bersikap profesional dan menunjukkan etos kerja yang baik;
• Tidak melakukan perbuatan curang maupun melanggar hukum yang berlaku;
• Mendokumentasikan kegiatan harian baik di dalam kantor maupun ketika berada di lapangan. Dokumentasi berbentuk catatan harian yang bersifat logsheet pada Form KP-2, juga dokumentasi visual berupa foto dan video;
• Menjaga nama baik Institut Teknologi Sumatera dalam hal perbuatan dan tutur kata.

G. Kewajiban Setelah Pelaksanaan KP
1. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan KP dan menyerahkan draft pertama kepada Pembimbing KP segera setelah pelaksanaan KP berakhir.

2. Mahasiswa diwajibkan mendaftar Seminar KP selambat-lambatnya 30 hari setelah pelaksanaan KP berakhir dengan melampirkan :
• Laporan KP final yang sudah disetujui oleh Pembimbing KP;
• Form Presensi dan Logsheet KP-2 yang sudah ditandatangani oleh atasan di instansi kerja yang dibubuhi cap;
• Foto kopi KRS semester 6 yang tercantum mata kuliah Kerja Praktik.

3. Mahasiswa diwajibkan mengirim dokumentasi KP kepada Koordinator KP. Dokumentasi ini meliputi :
 Catatan Logsheet (Form KP-2) yang berisi aktivitas harian yang dilakukan;
• Beberapa foto / video kegiatan
• Minimal 1 buah foto bersama dengan atasan/pegawai/karyawan yang ada di instansi KP. (Disarankan untuk berfoto di lokasi landmark perusahaan)
Berkas diatas dikirim melalui email : informatika@itera.ac.id dengan subjek  KERJAPRAKTIK_NIM. Diperbolehkan mengunggah berkas di atas menggunakan cloud drive dan mengirimkan tautan dari drive penyimpanan melalui email.

4. Mahasiswa yang melanggar batas waktu penyelesaian Laporan dan pendaftaran Seminar akan dikenakan sanksi berupa penurunan nilai sebanyak 1 grade setiap bulan (maksimal penurunan nilai sampai C).

5. Mahasiswa wajib menyerahkan Laporan KP yang telah dijilid hardcover paling lambat 1 minggu setelah pelaksanaan Seminar KP. Keterlambatan pengumpulan akan dikenakan sanksi penurunan nilai 1 grade setiap minggu (tidak ada batas penurunan nilai).

Download Form Pendaftaran Kerja Praktik
Download Form Presensi dan Log Sheet Kerja Praktik
Download Form Penilaian Instansi KP
Download Form Pendaftaran Seminar Kerja Praktik
Download Template Laporan KP

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)