Program Studi Informatika

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Mahasiswa Teknik Informatika Raih Juara 3 UI/UX Design Competition


October 27th, 2018 | Posted by: informatika


Kompetisi User Interface (UI)/User Experience (UX) Design yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) telah selesai digelar. Tema yang diusung pada perlombaan yang menjadi rangkaian acara Technofest 2018 ini adalah “Call the Emergency“. Dari hasil seleksi final yang diumumkan Rabu (24/10) di Lecture Hall UMN, Tim Madani ITERA berhasil meraih Juara 3. Juara 1 dan 2 berturut-turut diraih oleh Tim GG dari Universitas Gadjah Mada dan Tim Krea dari Universitas Komputer Indonesia.

Tim Madani yang terdiri atas tiga mahasiswa ITERA, yaitu Tobi Santoso (IF 2015), Fardiansyah S. Harahap (IF 2015), dan Alfira Khansa Firdaus (PWK 2016) berhasil masuk ke final setelah lolos babak penyisihan yang berlangsung pada awal Oktober lalu. Pada babak penyisihan, peserta diseleksi berdasarkan proposal desain sistem/produk yang dikirimkan ke panitia penyelenggara. 7 tim peserta yang lolos ke babak final wajib mempresentasikan sistem/produknya secara langsung kepada panitia di UMN.

Sistem yang dirancang oleh Tim Madani ITERA adalah Kebal (Kejar Begal). Selaras dengan tema yang diangkat dalam kompetisi ini, sistem yang dirancang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan begal di Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim Madani, ada 3 fitur utama yang dikembangkan dalam aplikasi Kebal. Fitur pertama adalah Emergency Call yang merupakan menu panggilan untuk meminta pertolongan jika terjadi pembegalan. Fitur kedua adalah Grup yang terbagi berdasarkan daerah sebagai sarana koordinasi antar masyarakat dan kepolisian. Fitur ketiga adalah List Kasus untuk menampilkan detil setiap kasus pembegalan yang terlah terjadi.

“Jika dilihat dari segi materi, kami sebenarnya optimis dapat meraih hasil yang maksimal meskipun banyak tim lain yang berasal dari universitas ternama. Namun, ketika tahap presentasi, kami tidak dapat melakukannya secara maksimal. Kami rasa, itulah yang menyebabkan kami akhirnya keluar sebagai Juara 3. Tapi kami tetap merasa bersyukur, Alhamdulillah sudah berhasil medapatkan juara pada kompetisi kali ini.” jelas Tobi.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)