Program Studi Informatika

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Program Studi Teknik Informatika Selenggarakan Workshop Bebras


September 25th, 2017 | Posted by: informatika


PS IF ITERA NEWS – Program Studi Teknik Informatika mengadakan acara workshop bertajuk computational thinking initiative (23/9) di kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Turut hadir dalam acara tersebut, Dr. Ir. M. M. Inggriani Liem, yang merupakan perwakilan Bebras Indonesia sekaligus pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia. Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai cara berpikir secara komputasional. Berpikir komputasional (computational thinking) merupakan sebuah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik-teknik dalam bidang ilmu komputer (informatika). Dalam melatih penyelesaian persoalan, peserta diberikan soal-soal dalam bentuk tantangan bebras (bebras challenge).

Tantangan Bebras menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional. Kegiatan workshop dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari guru mata pelajaran komputer /teknologi informasi dan juga dihadiri oleh siswa Sekolah Menengah Atas di Bandar Lampung.

Animo peserta dalam kegiatan ini cukup tinggi, ditunjukkan dengan banyaknya jumlah peserta yang hadir yang tidak hanya berasal dari SMA di Kota Bandar Lampung saja, namun juga dihadiri oleh perwakilan SMA dari luar Kota Bandar Lampung seperti Metro, Kota Gajah dan Gadingrejo.

Acara workshop diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Sumatera, Dr. Masayu Leilya Khodra. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan situs Olympia (dapat diakses di alamat https://olympia.id). Situs Olympia merupakan sebuah platform pembelajaran interaktif berbasiskan framework moodle yang juga merupakan media untuk menyelesaikan tantangan bebras.

Adapun materi yang dilombakan dalam tantangan Bebras adalah sekumpulan soal yang disebut Bebras task. Bebras task disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah dalam memahami sebuah soal. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu mempelajari bidang keilmuan teknik informatika terlebih dahulu.

Dalam acara workshop ini, Dr. Ir. M. M. Inggriani Liem juga menampilkan beberapa contoh soal Bebras task dengan menarik. Pada akhir sesi, kegiatan workshop diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan plakat oleh  Koordinator Program Studi Teknik Informatika, Dr. Masayu Leilya Khodra kepada perwakilan Bebras Indonesia, Dr. Ir. M. M. Inggriani Liem.

Kegiatan workshop seperti ini diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk memperkenalkan cara berpikir komputasi secara dini kepada guru-guru dan pelajar di Provinsi Lampung.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)