Panduan Pelaksanaan dan Persiapan Dokumen Seminar / Sidang Akhir
Untuk kelancaran pelaksanaan seminar/sidang, harap perhatikan dengan saksama seluruh panduan berikut.
A. Tugas anda sebelum hari seminar
Lakukan semua persiapan ini jauh-jauh hari sebelum jadwal seminar/sidang Anda.
1. Informasikan Jadwal ke Dosen: Segera beritahu dosen pembimbing dan dosen penguji mengenai jadwal seminar/sidang Anda. Lakukan ini segera ketika jadwal telah keluar (tidak perlu menunggu mendekati jadwal seminar anda)
2. Kirim Undangan Resmi: Buat dan kirim undangan melalui Google Calendar kepada seluruh dosen yang terlibat, invite dosen yang terlibat. Nantinya, ketika berkas telah final, cantumkan tautan berkas (laporan dan presentasi) di deskripsi event di google calendar.
3. Siapkan dan Serahkan Berkas (Paling Lambat H-2):
Sistem TASYS Baru: Seluruh berkas dan form fisik tidak lagi dibutuhkan. Namun anda tetap perlu menghubungi dosen penguji atau pembimbing dan menanyakan apakah ybs. membutuhkan dokumen draf versi cetak.
Jika karena suatu hal nama anda tidak ada di tasys, maka anda perlu menyiapkan berkas seminar / sidang secara fisik.
4. Draf TA Cetak: Dapat dicetak dalam ukuran A4/A5 dengan format book fold. (Jika dibutuhkan oleh dosen ybs)
B. Persiapan mendekati hari seminar / sidang
1. Kirim Pengingat (H-24jam): Ingatkan kembali dosen pembimbing dan penguji melalui pesan singkat satu hari (H-24jam) sebelum jadwal anda.
2. Selalu Pantau Jadwal: Terus pantau informasi dari program studi, karena jadwal dan dosen penguji dapat berubah sewaktu-waktu.
C. Persiapan di hari seminar / sidang
1. Hadir Lebih Awal: Wajib tiba di lokasi ujian minimal 20-30 menit sebelum jadwal dimulai untuk melakukan persiapan.
2. Keterlambatan atau Ketidakhadiran = Gagal: Mahasiswa yang sudah terjadwal namun terlambat atau tidak hadir tanpa konfirmasi akan langsung dianggap GAGAL dan harus mengulang proses pendaftaran.
3. Jaga Integritas: Dilarang keras memberikan bingkisan atau pemberian dalam bentuk apa pun (makanan, minuman, barang, dll.) kepada dosen pembimbing dan penguji.
D. Tasys
Mulai periode September 2025, mahasiswa
WAJIB menggunakan sistem online
(tasys.mctm.web.id /
tasys.vercel.app)
untuk:
• Mengunggah tautan dokumen laporan dan presentasi
• Melihat jadwal seminar / sidang
• Melihat BAP yang diinput oleh dosen secara langsung.
• Mengakses catatan revisi dosen.
Silahkan login menggunakan email ITERA, dan
pastikan mengisi NIM anda agar akun anda akan disambungkan ke jadwal yang akan diunggah
E. Ketentuan Input Nilai ke SIAKAD
Nilai akan diinput ke Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) paling lambat H+7 dari hari terakhir pelaksanaan seminar/sidang di setiap periode (bulan).
Pengecualian: Jika ada urgensi untuk keperluan pengurusan berkas kelulusan atau yudisium, kami dapat mempercepat proses input nilai. Mohon segera hubungi tim Tugas Akhir (TA) agar nilai Anda dapat diprioritaskan.
Tautan Penting
•Template dan Form (Update September 2025 terkait rubrik penilaian)
Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
