Ketentuan Pelaksanaan Seminar / Sidang

Panduan Pelaksanaan dan Persiapan Dokumen Seminar / Sidang Akhir

Untuk kelancaran pelaksanaan seminar/sidang, harap perhatikan dengan saksama seluruh panduan berikut.

A. Tugas anda sebelum hari seminar

Lakukan semua persiapan ini jauh-jauh hari sebelum jadwal seminar/sidang Anda.

1. Informasikan Jadwal ke Dosen: Segera beritahu dosen pembimbing dan dosen penguji mengenai jadwal seminar/sidang Anda. Lakukan ini segera ketika jadwal telah keluar (tidak perlu menunggu mendekati jadwal seminar anda)

2. Kirim Undangan Resmi: Buat dan kirim undangan melalui Google Calendar kepada seluruh dosen yang terlibat, invite dosen yang terlibat. Nantinya, ketika berkas telah final, cantumkan tautan berkas (laporan dan presentasi) di deskripsi event di google calendar.

3. Siapkan dan Serahkan Berkas (Paling Lambat H-2): Anda wajib menyiapkan dan meletakkan semua dokumen berikut di meja masing-masing dosen, paling lambat 48 jam sebelum jadwal seminar. PENTING: Beberapa dosen memilih untuk menggunakan soft-copy, silahkan konfirmasi kepada setiap dosen yang terlibat apakah mereka memilih soft-copy atau hard-copy.

Sistem TASYS Baru: di September 2025, kami akan me-launching sistem baru yang bersifat trial. Meskipun sistem baru sudah berjalan, anda tetap wajib menyiapkan berkas manual sebagai cadangan jika terjadi kendala teknis.

4. Draf TA Cetak: Dapat dicetak dalam ukuran A4/A5 dengan format book fold.

5. Formulir Kelengkapan:

• BAP Seminar Proposal, BAP 1, dan BAP 2 (masing-masing 1 rangkap).
• Form Penilaian Terbaru (4 rangkap).
• Form Revisi Terbaru (4 rangkap).

Map Berkas Sesuai Jenis Ujian:

Map Biru: untuk Seminar Proposal Reguler.
Map Merah: untuk Sidang Akhir Reguler.
Map Kuning: untuk Seminar & Sidang Akhir Capstone.

Tulis nama, nim, dan keterangan (seminar / sidang), serta jadwal di bagian depan map anda.

B. Persiapan mendekati hari seminar / sidang

1. Kirim Pengingat (H-24jam): Ingatkan kembali dosen pembimbing dan penguji melalui pesan singkat satu hari (H-24jam) sebelum jadwal anda.

2. Selalu Pantau Jadwal: Terus pantau informasi dari program studi, karena jadwal dan dosen penguji dapat berubah sewaktu-waktu.

C. Persiapan di hari seminar / sidang

1. Hadir Lebih Awal: Wajib tiba di lokasi ujian minimal 20-30 menit sebelum jadwal dimulai untuk melakukan persiapan.

2. Keterlambatan atau Ketidakhadiran = Gagal: Mahasiswa yang sudah terjadwal namun terlambat atau tidak hadir tanpa konfirmasi akan langsung dianggap GAGAL dan harus mengulang proses pendaftaran.

3. Jaga Integritas: Dilarang keras memberikan bingkisan atau pemberian dalam bentuk apa pun (makanan, minuman, barang, dll.) kepada dosen pembimbing dan penguji.

D. Catatan tentang sistem baru (BETA)

Mulai periode September 2025, mahasiswa
WAJIB menggunakan sistem online
(tasys.mctm.web.id /
tasys.vercel.app)

untuk:

• Mengunggah tautan dokumen laporan dan presentasi
• Melihat jadwal seminar / sidang
• Melihat BAP yang diinput oleh dosen secara langsung.
• Mengakses catatan revisi dosen.

Silahkan login menggunakan email ITERA, dan
pastikan mengisi NIM anda agar akun anda akan disambungkan ke jadwal yang akan diunggah

Namun, karena sistem masih dalam tahap beta, mahasiswa juga
tetap wajib mempersiapkan berkas manual sesuai ketentuan pada bagian A. Jika sistem online mengalami gangguan, proses penilaian tetap dapat dilakukan menggunakan dokumen manual.

E. Ketentuan Input Nilai ke SIAKAD

Nilai akan diinput ke Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) paling lambat H+7 dari hari terakhir pelaksanaan seminar/sidang di setiap periode (bulan).

Pengecualian: Jika ada urgensi untuk keperluan pengurusan berkas kelulusan atau yudisium, kami dapat mempercepat proses input nilai. Mohon segera hubungi tim Tugas Akhir (TA) agar nilai Anda dapat diprioritaskan.

Tautan Penting

Template dan Form (Update September 2025 terkait rubrik penilaian)

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.